Senin, 13 Agustus 2012

Berhati-hati dalam pointing

Vsat Mplik ini didesain agar mudah dibuka dan ditutup oleh operator/pengguna, namun dalam tetap harus hati-hati dalam pelaksanaannya. Misalkan untuk konektor yg ada di bagian LNB Vsat, konektor tersebut sangat rawan akan terjepit jika tidak diperhatikan dengan serius, artinya dalam membuka atau awal pointing posisi LNB idealnya mengarah ke atas langit atau agak serong, namun setelah Vsat ditutup kembali sebaiknya dan seharusnya posisi Konektor LNB ini diarahkan kebawah agar tidak terkena badan payung Vsat (reflektor Vsat). Ini sangat harus diperhatikan karna bukan hanya kerusakan konektor LNB namun juga Modem tidak bisa receive dari satelit akibat kabel/konektor sort atau putus. Untuk menghindarinya mohon diperhatikan dalam pelaksanaan buka tutup Vsat.
Berikut gambarnya
Yg kedua yg harus diperhatikan adalah kabel dibawah Vsat yg menuju ke Modem, dimana posisi kabel yg dibuat bebas agar mudah pointing tp menjadi rawan akan terjepit besi mointing Vsat itu sendiri, sama hal nya dgn konektor jika kabel ini terjepit atau malah putus maka tidak akan ada receive dan transmitenya sehingga komunikasi tidak pernah bisa ONLINE. Hal ini sudah pernah terjadi dimana kabel tersort dan akhirnya modem mati total. Sekali lagi agar berhati-hati dalam pelaksanaan pointing Mplik ini agar bisa meminimalisir terjadinya kerusakan.
Berikut gambarnya ...

5 komentar:

  1. Thanks Pak Lek atas informasinya....,
    Mantapp

    BalasHapus
  2. baik bg...

    thanks informasinya ...

    -Arief-

    BalasHapus
  3. Terimakasih pak sumadi atas informasinya,
    kita selalu berhati2 dalam buka tutup Vsat Mplik.

    Mplik Agam

    BalasHapus
  4. mengapa modem hx50 lampunya semua nyala namun tidak bisa online dan mau brows masuk ke ip modem ngecek kekuatan signalnya modem tidak merespon, mohon petunjuknya

    BalasHapus
  5. kalo ngalamai masalah seperti itu cuba di restart modemnya pak. tunggu sekitar 1-5 menit agar normal lagi

    BalasHapus